Pengertian Moving Average

Moving average adalah metode sederhana membaca pergerakan harga dari waktu ke waktu. "Moving average" di sini berarti kita menggunakan rata-rata harga penutupan (closing price) dari pair mata uang dari beberapa periode. 
Jika diaplikasikan pada grafik, moving average akan terlihat seperti berikut:




Layaknya indikator pada umumnya, moving average digunakan untuk membantu kita memprediksi harga di masa depan. Dengan melihat bagian landai dari moving average, kita bisa memastikan potensi arah pergerakan harga pasar.

Seperti yang telah dituliskan di awal, moving average adalah metode sederhana untuk membaca pergerakan harga. Ada beberapa tipe moving average dan masing-masing memunyai level pembacaan pergerakan harga yang berbeda, namun mereka memiliki karakteristik yang sama, yakni dengan memuluskan pergerakan harga.

Secara umum, semakin mulus moving average maka semakin lamban ia bereaksi terhadap pergerakan harga.

Sebaliknya, semakin fluktuatif (choppy), maka semakin cepat moving average bereaksi terhadap pergerakan harga. Untuk membuat moving average lebih mulus, kita harus mendapatkan rata-rata penutupan harga atas periode waktu yang lebih panjang.

Sebelum menggunakan indikator ini untuk trading, pertama-tama kita harus memahami dua tipe moving average, yaitu:
Simple moving average
Exponential moving average
Selain itu, kita tahu bagaimana menghitung kedua tipe moving average tersebut, sekaligus mengerti pro dan kontra dari masing-masing. Hal-hal mendasar semacam ini penting bagi kta, sebelum kita belajar untuk menguasai metode dan strategi yang kompleks.


Broker terbaik sejak 2009 : www.fxoptimax.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel